Cara Bersihkan Evaporator AC Mobil

Cara Bersihkan Evaporator AC Mobil – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas info mengenai cara bersihkan evaporator ac mobil. AC (Air Conditioner) adalah elemen simpatisan pada kendaraan yang bakal memberinya kenyamanan ke beberapa pemakainya. Khususnya pada keadaan cuaca panas dan di saat keadaan hujan, elemen ini akan menolong untuk beberapa pemakai.

Bahkan juga, pada beberapa type mobil ada type AC yang sudah diperlengkapi karena ada Heater (Pemanas), hingga beberapa pemakai dapat masih tetap berasa nyaman saat berkendaraan pada cuaca yang dingin. Tetapi supaya keadaan AC masih tetap bagus.

Salah satunya langkah gampang menjaga AC adalah dengan jaga tiap elemen – elemen pada AC agar masih tetap pada keadaan baik. Salah satunya elemen AC yang mempunyai peran penting adalah Evaporator. Karena evaporator inilah yang bakal mengubah temperatur udara supaya jadi dingin, hingga beberapa pemakai masih tetap berasa nyaman saat berkendaraan. Kalian juga harus mengerti Promo Toyota Jakarta Pusat agar kalian tidak ketinggalan informasi.

Langkah menjaga evaporator AC termasuk lumayan gampang, cukup rajin bersihkan evaporator dengan teratur, aka keadaan evaporator akan selalu terlindungi secara baik. Hal itu akan membuat keadaan AC jadi tetap dingin, karena tidak ada kotoran yang merintangi proses udara masuk ke AC.

 

Cara Bersihkan Evaporator AC Mobil

Untuk bersihkan evaporator AC mobil sebetulnya lumayan gampang, namun buat anda yang kiranya tidak mempunyai waktu untuk bersihkan evaporator. Karena itu anda bisa mengantarnya ke bengkel AC yang menjadi berlangganan anda supaya hasil pembersihannya bagus.

Tetapi buat anda yang ingin bersihkan evaporator ac mobil sendiri dan anda belum ketahui bagaimanakah cara membersihkan, karena itu anda langsung bisa saja ikuti beberapa langkah bersihkan eveporator ac mobil di bawah ini.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Nomor Kosong Indonesia

1. Mematikan Mesin Mobil Saat sebelum Bersihkan Evaporator AC

Yakinkan saat sebelum anda mulai bersihkan evaporatorAC, keadaan mesin mobil telah pada kondisi mati dalam periode saat yang lumayan lama. Hal itu mempunyai tujuan agar keadaan evaporator tersebut tidak pada kondisi panas. Hingga anda semakin lebih gampang untuk bersihkan evaporator bila keadaannya telah dingin.

2. Ketahui Posisi Evaporator AC Mobil

Status evaporator setiap kendaran ada yang lain, pada umumnya status evaporator ada di sisi belakang dasbor. Tetapi ada pula yang tempatnya tidak disana, hingga anda harus cari lebih dulu status evaporator pada mobil itu.

Bila anda tidak bisa mendapati status evaporator, karena itu anda dapat membaca buku petunjuk mobil yang anda punyai agar bisa mendapati status evaporator AC.

3. Buka Evaporator AC Mobil

Sesudah anda mendapati di mana status evaporator, karena itu anda dapat segera membuka evaporator AC mobil secara perlahan-lahan. Bila anda belum ketahui langkah buka evaporator AC, anda dapat menyaksikannya pada buku petunjuk.

Sesudah terbuka, check keadaan filter apa telah banyak kotoran yang ada dalam filter atau mungkin tidak. Bila keadaan kotoran pada filter telah banyak, alangkha baiknya kalau anda menukar filter itu.

Jika keadaan kotoran yang ada pada filter masih belumlah cukup banyak, karena itu anda dapat membersihkan dengan brush atau sikat untuk bersihkan kotoran pada filter itu.

4. Persiapkan Spray Pencuci

Langkah selanjutnya ialah semprot evaporator dengan spray yang sudah disiapkan, sebelum menyemprotkan alangkah baiknya kalau di kocok lebih dulu. Selanjutnya upayakan posisi spray dekat sama blower AC mobil agar lebih pas target saat menyemprotkan.

5. Membuka Sirkulasi AC dan Kaca Jendela

Kemudian membuka sirkulasi pada AC mobil dan membuka kaca jendela mobil agar ada perputaran udara yang masuk ke mobil. Yakinkan keadaan tempat tidak berdebu di saat buka sirkulasi AC, supaya kotoran atau debu tidak turut masuk ke AC yang bisa mengakibatkan kotor kembali.

Baca Juga :  Mengenal dan Mengetahui Penyebab Serta Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Maupun Komputer

6. Hidupkan Mesin Mobil

Cara selanjutnya ialah menghidupkan mesin mobil. Sesudah mesin mobil dihidupkan, kemudian hidupkan AC mobil dan autr temperatur pada status temperatur yang tertinggi dan putar blower pada perputaran yang paling kuat.

Ini mempunyai tujuan untuk mengecek apa angin yang dibuat telah kuat atau memang belum, jika keadaan angin yang dibuat mash belumlah cukup kuat, karena itu masih sedikit terdapat kotoran di bagian filter atau juga bisa keadaan kipas blower yang tidak bagus.

7. Semprot Cairan Pencuci Pada Evaporator

Jika pada langkah di atas tidak alami permasalahan, karena itu anda langsung bisa menyemprot cairan pencuci di bagian bawah blower. Semprot cairan itu sampai his agar filter AC jadi bersih.

Di saat cairan pencuci disemprot, karena itu wujud awalannya ialah foam (busa). Tunggu hingga semua foam jadi air dan keluar ventilator AC mobil bersama dengan kotoran yang ada di dalam.

8. Biarkan Mesin Mobil

Sambil menanti foam cairan pencuci jadi air, anda dapat diamkan lebih dulu mesin mobil masih tetap berpijar lebih kurang sepanjang 10 sampai 15 menit. Sambil pastikan tidak lagi ada air yang keluar sisi ventilator.

9. Membersihkan Air Dari Lubang Ventilator

Bila semua air dari lubang ventilator telah betul-betul keluar, anda tinggal bersihkan air kotoran dari ventilator itu dengan membuangnya ke selokan atau menyemprotkannya ke sisi yang lebih rendah.

10. AC Akan Kembali Dingin

Langkah paling akhir, persiksa keadaan AC mobil apa menjadi dingin atau memang belum, dengan masuk ke mobil dan tutup semua pintu mobil dan kaca jendela mobil. Jika udara yang dibuat masih dirasakan kurang dingin, karena itu anda dapat mengulang kembali beberapa cara di atas sampai keadaan AC mobil dingin.

Baca Juga :  Persyaratan Menjadi Seorang Konsultan Pajak dan Kewajibannya

Namun, bila anda telah lakukan beberapa cara di atas seringkali tetapi keadaan AC mobil tetap tidak dingin, karena itu ada kemungkinan-kemungkinan yang lain yang terjadi pada AC mobil punya anda. Di mana kemungkinan-kemungkinan itu tidak berada di bagian evaporator AC.

 

Penutup

Demikian artikel yang membahas info mengenai cara bersihkan evaporator ac mobil. Jangan ketinggalan juga info mengenai Promo Toyota Tangerang. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa membantu dan berguna bagi pembaca sekalian. Terimakasih

Artikel yang Direkomendasikan