8 Jenis Kain Yang Cocok Untuk Membuat Gamis Kekinian

Membuat gamis sendiri memang jadi pilihan untuk kamu yang ingin mempunyai design gamis sesuai keinginan. Pasti ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Selain design, jenis kain untuk gamis yang hendak digunakan pun tidak bisa diabaikan.

Pemilihan jenis kain untuk gamis itu umumnya bergantung dengan design seperti apa yang hendak dibuat.

Sekarang ini, telah ada beberapa jenis kain untuk gamis yang dapat dipakai. Tapi, belum tentu kain itu cocok sesuai dengan design yang kamu harapkan.

Inilah pentingnya kamu harus mengenal jenis kain untuk gamis sesuai keperluan. Silahkan baca penjelasannya berikut ini.
Jenis Kain untuk Gamis
Gamis sebagai salah satu fashion jilbab modern dengan model yang sederhana dan simpel. Kamu bisa juga menambahan manik-manik, detail dan model jilbab yang kian kekinian.

Gamis bukan hanya digunakan untuk merayakan acara keagamaan saja, lho. Kamu bisa juga memakai untuk sehari-hari sampai acara pernikahan.

Fungsi dan inovasi gamis yang semakin berkembang, tidaklah aneh bila beberapa orang yang ingin membuat sendiri. Tetapi, Kamu harus mengenal jenis kain untuk gamis.

Berikut jenis kain untuk gamis:

1. Kain Katun

Tipe kain untuk gamis yang sering dipakai ialah katun. Kain ini mempunyai serat alam berbentuk tanaman kapas, sehingga lembut dan gampang meresap keringat.

Tidak hanya gamis, kain katun banyak juga dipakai untuk jenis baju lain karena pas dipakai beriklim tropis, seperti Indonesia.

Secara umum, jenis kain katun ada banyak. Salah satunya katun combed yang memiliki tiga tingkatan, yakni 20s, 24s dan 30s yang jenis benangnya berbeda dan ukuran gramnya berbeda.

2. Kain Satin

Jenis kain untuk gamis berikutnya ialah satin. Kain ini tidak asing dikalangan umum dan memberikan tampilan yang licin.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Gelar Overachiever PUBG

Disamping itu, kain satin mempunyai struktur lembut dan memberi kesan-kesan mengkilat pada bagian depan kain.
Jenis kain ini menggunakan bahan lain seperti rayon, polyester, nilon, untuk memberikan penampilan glossy. Sehingga, saat menggunakan baju berasal dari kain satin terasa nyaman dipakai dan terlihat menarik.

Ada beragam jenis kain satin yang dapat Kamu tentukan, tapi yang kerap dipakai untuk gamis ialah satin duchesse. Kamu dapat membuat design gamis minimalis memakai kain jenis ini. Terkadang kin jenis uni digunakan untuk konveksi seragam murah mengingat sifat dan harganya yang murah.

3. Kain Crepe

Kain crepe termasuk juga daftar jenis kain untuk gamis selanjutnya. Kain ini mempunyai struktur yang halus, memiliki serat, dan jatuh saat digunakan.

Walau cenderung memiliki serat, kain ini cukup tebal dan tidak menerawang. Bahannya juga sangat nyaman dan dingin sehingga tidak membuat gerah penggunanya.

Keunikan dari kain crepe ini ialah mempunyai tekstur unik yang memberi nuansa pasir atau keriput kecil pada permukaan kain.

Dimulai dari struktur yang plastis sampai mempunyai ketebalan kain yang berbeda dan akan memberi nuansa sendiri untuk gamis nantinya.

4. Kain Tille

Kain tile merupakan jenis kain untuk gamis yang berupa jaring dengan lubang kecil, sangat ringan tetapi kuat dan tahan lama.

Ada pula jenis kain tille yang kaku dan halus. Tidak itu saja, kain ini ada yang polos dan ada pula dengan hiasan taburan glitter atau manik-manik.

Dengan pola yang beragam jenis seperti itu, membuat kain ini memberikan efek bercahaya pada baju yang digunakan nanti.

Kain ini digunakan sebagai underskirts untuk menciptakan wujud kaku. Disamping itu, jenis kain untuk gamis dengan kain tulle ini dapat digunakan sebagai gabungan pakaian acara pesta.

Baca Juga :  Cara Mengubah Akun IG Menjadi Akun Bisnis

5. Kain Maxmara

Jenis kain untuk gamis ini sering diminati karena banyak memiliki pola yang unik dan elok. Kain maxmara yang kerap dikatakan sutra satin mempunyai struktur yang lembut dan halus.

Berbahan ringan, jatuh saat digunakan, glowing tetapi bukan berkilau sehingga sangat pas digunakan untuk bahan gamis.

Mengenakan gamis dengan bahan maxmara akan memunculkan kesan-kesan eksklusif dan menawan. Disamping itu kain ini juga dapat membuat tubuh terkesan Langsing. Kain jenis ini juga kerap digunakan untuk konveksi daster karena sifatnya yang fleksibel.

6. Kain Sutra

Jenis kain untuk gamis yang ini didapat dari serat kepompong ulat sutra dan mempunyai kelebihan tersendiri.

Kain sutra mempunyai struktur permukaan yang halus dengan kilauan keindahannya.

Hal itu menjadikan beberapa penjahit kerap memanfaatkan kain ini sebagai material dasar pembuatan gamis dan baju lainnya.

Dress berbahan dasar kain sutra ini dapat dipakai pada acara penting seperti rapat, pernikahan dan acara penting yang lain. Disamping itu, jenis kain untuk gamis ini terlihat elok, eksklusif dan menarik saat digunakannya.

7. Kain Linen

Kain linen adalah jenis kain untuk gamis yang dibuat dari serat alam tumbuhan rami dengan struktur seratnya yang lembut bila disentuh dan sedikit bercahaya.

Jenis kain ini memiliki karakter yang cukup spesial. Hal ini karena kain ini termasuk kain pertama yang dikenal sejauh sejarah dalam peradaban manusia.

Hal itu membuat bahwa serat linen merupakan serat kain yang pertama kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain.

Jenis kain linen semacam ini pas dipakai untuk pembuatan gamis yang telah terkenal sampai sekarang ini. Disamping itu, kain ini mempunyai ketahanan pada bakteri dan jamur yang umum menyerang jenis kain yang lain.

Baca Juga :  Manfaat Canopy Kain Jika di Pasang di Cafe

8. Kain Denim

Kain denim bukan hanya dipakai sebagai celana atau jaket, tetapi dipakai sebagai pembuatan gamis , lho.

Jenis kain ini rupanya telah disukai beberapa orang untuk dipakai sebagai gamis.

Selanjutnya hasil gamis dengan kain denim akan memberi penampilan yang rileks dengan nuansa yang kasual.

Kain denim ini termasuk jenis kain untuk gamis yang mempunyai bahan yang kuat, tahan lama, tidak gampang sobek, nyaman dan terlihat menawan saat digunakan.

Penutup

Memang banyak sekali jenis jenis kain yang beredar dipasaran untuk ditawarkan, mengingat kain sendiri memang sebagai kebutuhan sandang dimana digunakan semua kalangan untuk itu kita harus mengenal berbagai jenis kain untuk pengetahuan dasar dalam memilih pakaian.

Artikel yang Direkomendasikan